Kuliah Umum FT UMAHA

Kuliah umum yang dilaksanakan oleh FT UMAHA bekerjasama dengan PII Jatim dan Decorintex, mengangkat judul “Menuju Lingkungan Kerja yang Aman dan Produktif: Peran K3, Ergonomi dalam Meningkatkan Kompetensi”, berlangsung  secara offline di area Meeting Room Grand City. Kuliah umum dilaksanakan pada hari Sabtu 09 September 2023, dimulai pukul 13.00 WIB hingga selesai. Hadir sebagai pembicara kuliah umum, Prof. Dr. Gempur Santoso, M. Kes., selaku dosen Fakultas Teknik Program Studi Teknik Industri bidang konsentrasi Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dan Ergonomi. Sebagai pembicara kedua Bapak Cahya Ardie Firmansyah.S. ST., M. Tr. T., beliau merupakan Vice President K3 dan Lingkungan di PT. Terminal Peti Kemas, kemudian sebagai moderator Dekan Fakultas Teknik Dr. Dony Perdana, ST., MT.

Kuliah umum dihadiri kurang lebih 119 peserta baik dari internal mahasiswa Universitas Maarif Hasyim Latif serta beberapa peserta dari kampus di wilayah Surabaya dan Sidoarjo dan beberapa peserta juga berasal dari umum.

\"\"\"\"

Kuliah umum tentang K3 dan Ergonomi dilingkungan kerja sengaja diangkat dengan tujuan mengenalkan dan memberikan dasar keilmuan mengenai konsep dasar K3 dan Ergonomi. Menurut Profesor Gempur kuliah Ergonomi dan K3 berfungsi untuk meningkatkan kualitas kehidupan kerja. Seiring dengan meningkatnya kualitas kehidupan kerja para karyawan, diharapkan produktivitas karyawan pun meningkat. Dengan adanya pemahaman teori K3 dan Ergonomi, peserta dapat mengaplikasikannya dilapangan, sehingga dapat memberi efek perubahan perilaku dalam menciptakan tempat kerja yang aman, nyaman dan sehat.

Bapak Cahya juga mengungkapkan diperlukannya peningkatan kompetensi di bidang K3 dan ergonomi merupakan investasi yang bijak bagi individu dan perusahaan. Hal ini tidak hanya membantu melindungi kesehatan dan keselamatan karyawan, tetapi juga mendukung kinerja dan keberhasilan jangka panjang organisasi.

Kegiatan berlangsung interaktif dengan berbagai pertanyaan yang didiskusikan oleh peserta. Dengan telah terselenggaranya kegiatan perkuliahan umum ini tentu menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan lulusan yang unggul dan kompeten di bidang Ergonomi serta Kesehatan dan Keselamatan Kerja industri.