Teknik Industri | Universitas Maarif Hasyim LatifTeknik Industri | Universitas Maarif Hasyim Latif
087 829 842 496
Taman, Sidoarjo

Teknik Industri Siap SAKTI Dalam Menghadapi Disruptive Sustainability

  • BERANDA
  • Artikel
  • Teknik Industri Siap SAKTI Dalam Menghadapi Disruptive Sustainability

Sustainable merupakan pengembangan dan pemenuhan gaya hidup generasi sekarang tanpa mengabaikan kebutuhan gaya hidup generasi dimasa depan. Demi keberlangsungan hidup dimasa yang akan datang dengan nyaman dan damai seperti masa sekarang, perlu kita mengkampanyekan serta menerapkan SDG’s. Manusia harus memiliki karakteristik yang kuat, sehingga target SDG’s terpenuhi dalam kurun waktu tertentu.

Sebanyak 73 mahasiswa baru progam studi teknik industri, fakultas teknik Universitas maarif hasyim latif melakukan ospek prodi atau yang sering disebut dengan Orientation Phase of Industrial Engineering. OPIE pada tahun 2023 dilaksanakan pada tanggal 11 dan 12 November 2023 dengan tema “menumbuhkan karakteristik mahasiswa baru teknik industri yang SAKtI (Solid, aktif, kreatif dan inovatif) untuk menghadapi disruptive sustainability”. Kreativitas adalah awal dari adanya inovasi yang lahir, inovasi sendiri merupakan sebuah pembaruan atau pembuatan dari sesuatu yang telah ada maupun yang belum pernah ada dimuka bumi.

                           

Materi yang pertama yaitu pengenalan program studi yang dibawakan oleh ibu kaprodi, Ibu Dini Retnowati, S.S.T., M.T., IPM. dengan satu kalimat yang sangat membekas “hidup perlu keluar dari zona nyaman untuk mendapatkan pengalaman baru yang mengesankan”. Materi yang kedua yaitu Keorganisasian yang dibawakan oleh kak Vica Ayu Caesaria, S.T. materi seputar keorganisasian ini menjadi materi wajib pada ospek prodi tahun ini. Kemudain dilanjut dengan materi wajib kedua yang dibawakan oleh ibu Tria Irviani, S.M. dengan materi seputar akademik. Serta materi terakhir pada hari sabtu adalah materi mengenai keseimbangan antara kerja, organisasi dan kuliah yang dibawakan oleh kak Farchul Rozi, S.T. Materi ini penting untuk mahasiswa terlebih pada prodi teknik industri sendiri terdapat 2 kelas karyawan pada semester 1, sehingga perlu adanya keseimbangan antara bekerja dan belajar.

                      

Pada hari Selanjutnya, terdapat 3 materi dengan 1 materi wajib yaitu materi seputar program hibah dari pemerintah. Dilanjut dengan materi Program Kreativitas Mahasiswa serta Materi Tata krama, dengan pemateri Bu Nikmah Yucha, S.E., M.S.M. kak Anang Surohman Hidayat, S.M. serta pak Moch. Anshori, S.T., M.T. PKM merupakan salah satu program hibah dari pemerintah dimana menjadi tempat atau wadah bagi mahasiswa mengembangkan kreativitas dalam bentuk proposal, oleh karena itu PKM menjadi salah satu materi dalam OPIE-V. Selain itu sopan santun atau tata krama juga penting dalam kehidupan generasi sekarang, shingga tata krama menjdi salah satu materi penting dalam pelaksanaan OPIE-V.

Pada penghujung acara OPIE-V menjadi lebih seru karena terdapat penampilan dari teman teman mahasiswa baru, mulai dari drama, tarian daerah, lagu daerah, hingga puisi berantai. Dan terdapat sedikit apresiasi dari panitia untuk peserta dan koordinator kelompok berupa apresiasi, baik best pensi, koorkel ter-slebew, peserta paling WOW, serta best kelompok.

Previous Post
Newer Post

Leave A Comment