Teknik Industri | Universitas Maarif Hasyim LatifTeknik Industri | Universitas Maarif Hasyim Latif
Email
087 829 842 496
Taman, Sidoarjo
Teknik Industri | Universitas Maarif Hasyim LatifTeknik Industri | Universitas Maarif Hasyim Latif

Kunjungan Industri Studi Ekskursi

Sidoarjo, Fakultas Teknik (FT) UMAHA- Mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Industri (TI) mengadakan studi ekskursi di daerah Surabaya pada tanggal 27 Februari 2020. Studi ekskursi merupakan salah satu kegiatan rutin tahunan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) dengan dukungan dari pihak Prodi TI. Program ini bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa pada kondisi riil perusahaan. Dengan adanya kegiatan studi ekskursi ini diharapkan bisa memperkaya wawasan mahasiswa tentang pengaplikasian ilmu-ilmu teknik industri di dunia perusahaan.

Kunjungan industri dilakukan pada PT. Terminal Petikemas Surabaya (TPS) yang merupakan perusahaan bidang logistik di area Surabaya, Jawa Timur. PT. TPS merupakan perusahaan BUMN dan anak perusahaan dari PELINDO III. Kegiatan studi ekskursi ini diikuti kurang lebih 40 peserta dengan dosen pembimbing Bapak Gusti Adriansayah, ST., MT., IPM. dan Bapak Ir. Ahmad Fatih Fudhla, ST., MT., IPM.

PT. TPS menjalankan bisnis inti sebagai operator terminal petikemas, sebagai gerbang perekonomian dari kegiatan ekspor-impor di wilayah Indonesia Timur. Fungsi dari PT. TPS adalah melakukan bongkar muat petikemas dan juga melakukan pengiriman paket, dimana 93% Internasional dan 7% adalah Domestik.

Kali pertama, kunjungan di PT. TPS ini dilakukan oleh Mahasiswa TI UMAHA, antusias mahasiswa mewarnai setiap rangkaian acara kunjungan di perusahan yang merupakan perusahaan BUMN tersebesar di Jawa Timur ini.

Pada rangkaian acara yang pertama adalah forum diskusi yang dilaksanakan di ruang meeting PT. TPS. Pihak perusahaan menyampaikan tentang profil, operasional, sistem logistik, sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), sistem perawatan mesin, dan banyak sistem lainnya untuk menunjang motto perusahan agar menjadi “Terminal Terpercaya dengan Layanan Sempurna”.

Dalam forum diskusi terlihat mahasiswa TI UMAHA sangat bersemangat untuk menyampaikan pertanyaan seputar logistik dan sistem perusahaan PT. TPS. Pihak perusahaan mengapresiasi antusiasme dan keaktifan mahasiswa TI UMAHA karena umumnya kunjungan studi ekskursi yang dilakukan di PT.TPS lebih cenderung diam dan bersifat satu arah. Beberapa buah merchandise pun dibagikan ke beberapa penanya terbaik.

Pada sesi kedua, mahasiswa TI UMAHA diajak melakukan visitasi ke lokasi terminal untuk melihat proses kerja dan juga sistem yang ada di perusahaan tersebut. Mahasiswa melihat secara langsung lokasi operasional PT. TPS dengan disertai penjelasan dari pihak perusahaan mengenai sistem kerja alat, operator, keamanan serta jalur operasi dan jenisnya.

Kegiatan studi ekskursi ini dilaksanakan oleh HMTI UMAHA dibawah pimpinan Achmad Fatchurrozi. Menurut Rozi panggilan akrab Kahim TI UMAHA, menyatakan bahwa Studi Ekskursi ini selalu ditunggu oleh mahasiswa Teknik Industri. Diharapkan hasil dari studi ekskursi ini dapat memberikan manfaat serta membuka wawasan baru sehingga mempermudah mahasiswa dalam memahami materi perkuliahan.

Previous Post

Comments (2)

  • Riva Collins

    August 21, 2020 - 6:51 am

    It’s no secret that the digital industry is booming. From exciting startups to need ghor
    global and brands, companies are reaching out.

  • Oliva Jonson

    August 21, 2020 - 7:18 am

    It’s no secret that the digital industry is booming. From exciting startups to need ghor global and brands, companies are reaching out.

Leave A Comment